March 17, 2016

Renungan Untuk Para Jomblo

Masih Sendiri?
Ada banyak orang yang bangga atas status jomblo yang disandangnya, beberapa bahkan mengatakan bahwa jodoh akan datang pada waktunya. Adakah yang tahu kapan waktu itu tiba? Tidak ada.  Seringkali manusia tidak tahu diri, sering menyia-nyiakan tetapi masih merasa pantas untuk didapatkan. Ya, manusia yang seperti ini sering lupa bahwa ia terlalu mencari yang sempurna tanpa berusaha menjadi lebih baik agar ditemukan oleh yang baik pula.

Berapa banyak cinta yang ditolak? Berapa sering ia membuat orang lain menunggu kepastian hingga akhirnya memilih pergi dengan yang lain? hingga seberapa tinggi harga dirinya untuk memandang rendah orang lain? Pertanyaan-pertanyaan itu terus membumbung tinggi di udara tanpa tahu jawaban pastinya. Keyakinan bahwa jodoh akan datang pada waktunya terus terpatri di dalam hati, tetapi lupa bahwa tidak ada satu pun orang di dunia ini yang mengetahui siapa, kapan, dimana, dan bagaimana ia bertemu dengan jodohnya, Menyia-nyiakan banyak orang tanpa berpikir bahwa ada kemungkinan orang yang disia-siakan itulah jodohnya. Melupakan bahwa doa-doa buruk bisa saja dipinta oleh orang-orang yang dikecewakan itu.

Jika pada akhirnya orang yang telah disia-siakan itu kembali, bukan sebab ia ingin, tetapi karena ia tidak bisa melawan takdirnya. Mungkin saja cintanya tak lagi sama karena orang yang telah memutuskan untuk pergi, meskipun kembali semuanya akan terasa berbeda. Mungkin waktu yang menyembuhkan luka dihatinya, atau mungkin juga lupa yang menyembuhkan luka.

Bagikan

Jangan lewatkan

Renungan Untuk Para Jomblo
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.