December 30, 2015

Menjadi Seorang Copywriter

Menjadi Seorang Copywriter


Copywriter adalah sebuah profesi, bukan sekedar pekerjaan. Kalau pekerjaan itu bisa dilakukan oleh siapa saja, maka profesi hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki profesionalisme pada satu bidang. Di Indonesia sendiri, profesi Copywriter sudah mulai banyak dikenal dan diakui. Soal gaji tidak perlu diragukan lagi, karena setiap naskah yang dihasilkan oleh Copywriter bisa dijual hingga menembus angka 20.000USD.

Tidak Sekedar Menulis
Menulis sebuah naskah itu terdengar mudah, hanya menentukan topik, membuat judul, lalu menuliskan kontennya. Padahal tidak semua orang bisa membuat tulisan yang menarik. Menjual tulisan yang berkualitas bukanlah hal yang mudah. Belum lagi deadline yang selalu dibuat mepet dan jumlah naskah yang dibuat tidaklah sedikit. Copywriter tidak sekedar menulis, tetapi juga menjual konten dari naskah yang dibuatnya. Hebatnya lagi, seorang Copywriter bisa menjual barang dan jasa hanya dengan kata-kata.

Apa Susahnya?
Dari kecil kita sudah terbiasa menulis, utamanya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tetapi seorang Copywriter diharuskan mampu menjual produk yang hanya boleh menggunakan media berupa teks, gambar, atau video. Copywriter adalah salesman dalam huruf.  Di era serba internet seperti sekarang ini sebuah perusahaan tentunya membutuhkan jasa seorang Copywriter untuk memasarkan produknya. Kalau seorang salesman bisa bertatap muka langsung dengan calon pembeli, maka Copywriter hanya bisa melakukan persuasi melalui tulisan yang dibuat. Jelas ini bukanlah perkara yang mudah.

Pola Pikir Copywriter
Mindset seorang Copywriter nampaknya hal yang sangat mahal dan tidaklah mudah untuk dipelajari. Ia dituntut untuk memahami kondisi pembaca naskahnya. Barulah kemudian menyalurkan ide-ide dalam tulisannya. Selain itu, seorang Copywriter harus mengetahui apa informasi yang paling dibutuhkan oleh pembacanya. Pola pikir yang kaku bukanlah milik seorang Copywriter, karena ia wajib berpikiran terbuka dan siap menerima hal-hal baru yang bisa meningkatkan angka penjualannya.

Singkat kata, menjadi seorang Copywriter bukanlah hal yang mudah. Jadi, janganlah pernah memandang pekerjaan ini sebelah mata. Penulis adalah orang yang paling jenius dimana ia bisa menjadi siapa saja, berpikir apa saja, dan menyampaikan apa saja di dalam tulisannya.
Baca selengkapnya

December 22, 2015

Aku Sayang Ibu Tidak Hanya Di Hari Ibu

Aku Sayang Ibu Tidak Hanya Di Hari Ibu

Selamat hari Ibu untuk seluruh Ibu di dunia :)

Terima kasih sudah mengandungku 9 bulan lamanya. Aku tahu bukanlah hal yang mudah untuk membawaku kemana-mana selama 9 bulan. Tidurmu pasti tidaklah nyaman karena perut yang terus membesar setiap harinya. Maaf terkadang aku masih mengeluh kalau Ibu minta ditunggu waktu memilih baju.

Terima kasih sudah merawat dan menjagaku hingga detik ini. Aku tahu kalau sejak kecil aku memang nakal dan jahil. Bahkan, kata Ibu, sewaktu masih minum ASI, aku suka menggigit dan menarik puting susu Ibu. Aku yakin Ibu pasti kesakitan karena tingkahku.

Terima kasih untuk cinta kasih paling tulus di dalam hidupku. Ya, Ibu tidak pernah berhenti menyayangiku. Sebesar apapun kemarahan Ibu padaku, Ibu tidak pernah membenciku. Sekesal apapun Ibu karena aku malas belajar, Ibu tetap bangga menceritakan tentang kelebihanku pada teman-temannya. Aku akan berusaha untuk terus membuatmu bangga.

Aku sayang Ibu tidak hanya di hari Ibu saja. Aku sayang Ibu setiap hari. Seumur hidupku.

Baca selengkapnya